Jumat, 20 Maret 2015

Waw! Software Gratis Untuk Memonitor Penggunaan WIFI ini pas buat kamu yang memiliki jaringan wireless wifi di rumah atau di kantor. Dengan bantuan Software Gratis Untuk Memonitor Penggunaan WIFI ini kamu bisa memonitor siapa saja yang menggunakan wifi yang kamu punya.

Fungsi Dari Software Gratis Untuk Memonitor Penggunaan WIFI

Jengkel rasanya bila ada orang yang menggunakan wifi kita. Dengan adanya user gelap (unknown) itu bisa membuat kecepatan wifi kita menjadi lambat dan berkurang tapi sayangnya kita tidak tahu siapa yang mendompleng wifi kita.

Bila anda punya masalah semacam ini tentu pingin tahu siapa yang memakai wifi kita secara gratis dan segera ingin memaki-makinya. Nah! pada dasarnya banyak sekali lho cara untuk mengetahui siapa saja pengguna wifi kita dan caranya itu tentu saja memakai aplikasi/software/tools yang biasa disebut dengan program aplikasi untuk bagaimana cara mengetahui siapa saja yang menggunakan atau yang terkoneksi ke internet menggunakan wifi kita. Nah! untungnya saya akan membagikannya secara gratis! ingat! ini adalah software resmi bukan software bajakan ya.

11 Software Gratis Untuk Memonitor Penggunaan WIFI

Kita tahu bagaimana administrator menyukai alat gratis yang membuat hidup mereka lebih mudah dan, untuk melengkapi daftar yang disediakan pada 101 Alat Admin gratis, berikut adalah 20 alat gratis terbaik untuk memonitor perangkat, layanan, port atau protokol dan menganalisis lalu lintas pada jaringan Anda. Bahkan jika Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa alat ini sebelumnya, kami yakin Anda akan menemukan satu atau dua permata di antara daftar ini - dan jika Anda tahu dari orang lain, meninggalkan kita komentar di bawah ini!

1. Microsoft Network Monitor


Microsoft Network Monitor
Microsoft Network Monitor adalah penganalisa paket yang memungkinkan Anda untuk menangkap, melihat dan menganalisis lalu lintas jaringan. Alat ini berguna untuk troubleshooting masalah jaringan dan aplikasi pada jaringan. Fitur utama termasuk dukungan untuk lebih dari 300 protokol proprietary publik dan Microsoft, sesi pengambilan simultan, Mode Memantau Wireless dan mengendus lalu lintas modus promiscuous, antara lain.

Ketika Anda memulai Microsoft Network Monitor, memilih adaptor untuk mengikat dari jendela utama dan kemudian klik "Capture Baru" untuk memulai tab capture baru. Dalam tab Capture, klik "Pengaturan Capture" untuk mengubah pilihan filter, pilihan adaptor, atau pengaturan global sesuai dan kemudian tekan "Start" untuk memulai proses capture paket.

2. Nagios

Nagios

Nagios adalah alat monitoring jaringan yang kuat yang membantu Anda untuk memastikan bahwa sistem kritis, aplikasi, dan layanan yang selalu berdiri dan berjalan. Ini menyediakan fitur seperti memperingatkan, penanganan event dan pelaporan. Nagios Core merupakan jantung dari aplikasi yang berisi mesin pemantauan inti dan web UI dasar. Di atas nagios Inti, Anda dapat menerapkan plugin yang akan memungkinkan Anda untuk memonitor layanan, aplikasi, dan metrik, frontend dipilih serta add-ons untuk visualisasi data, grafik, distribusi beban, dan dukungan database MySQL, antara lain.

Tip: Jika Anda ingin mencoba nagios tanpa perlu menginstal dan mengkonfigurasi dari awal, download nagios XI dari sini dan memungkinkan versi gratis. Nagios XI adalah pra-dikonfigurasi enterprise versi kelas dibangun di atas nagios Core dan didukung oleh sebuah perusahaan komersial yang menawarkan dukungan dan fitur tambahan seperti lebih banyak plugin dan laporan lanjutan.

Catatan: Versi gratis dari nagios XI sangat ideal untuk lingkungan yang lebih kecil dan akan memantau hingga tujuh node.

Setelah Anda telah menginstal dan mengatur nagios, meluncurkan UI Web dan mulai mengkonfigurasi kelompok host dan kelompok layanan. Setelah nagios telah memiliki beberapa waktu untuk memantau status tuan rumah dan layanan tertentu, dapat mulai melukis gambar apa kesehatan sistem Anda terlihat seperti.

3. BandwidthD


BandwidthD memonitor penggunaan jaringan TCP / IP dan menampilkan data yang telah dikumpulkan dalam bentuk grafik dan tabel selama periode waktu yang berbeda. Setiap protokol (HTTP, UDP, ICMP, dll) adalah kode warna untuk membaca lebih mudah. BandwidthD berjalan discretely sebagai layanan latar belakang.

Instalasi mudah. Download dan install Winpcap versi 3.0 atau di atas (Anda sudah akan memiliki diinstal jika Anda memiliki Wireshark pada kotak yang sama), BandwidthD unzip ke folder tertentu, mengedit file ../etc/bandwidthd.conf sesuai, klik dua kali pada "Instal Layanan" batch file dan kemudian memulai layanan BandwidthD dari konsol services.msc. Setelah layanan ini berjalan, memberikan beberapa waktu untuk memonitor lalu lintas jaringan dan memuat halaman index.html untuk mulai melihat statistik bandwidth.

4. EasyNetMonitor


EasyNetMonitor adalah alat super ringan untuk memantau host lokal dan remote untuk menentukan apakah mereka masih hidup atau tidak. Hal ini berguna untuk memantau server kritis dari desktop Anda, memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemberitahuan langsung (melalui popup balon dan / atau log file) jika host tidak menanggapi ping periodik.

Setelah Anda memulai EasyNetMonitor, maka akan muncul sebagai ikon di area notifikasi pada desktop Anda di mana alamat IP / nama host dari mesin Anda ingin memantau dapat ditambahkan. Setelah Anda menambahkan mesin Anda ingin memantau, pastikan untuk mengkonfigurasi waktu ping delay dan pengaturan pemberitahuan.

 5. Capsa Free


Capsa Free  analyzer jaringan yang memungkinkan Anda untuk memonitor lalu lintas jaringan, memecahkan masalah jaringan dan menganalisis paket. Fitur termasuk dukungan untuk lebih dari 300 protokol jaringan (termasuk kemampuan untuk membuat dan menyesuaikan protokol), MSN dan Yahoo Messenger filter, memantau email dan auto-save, dan laporan disesuaikan dan dashboard.

Ketika Anda memulai Capsa, pilih adaptor yang Anda inginkan untuk mengikat dan klik "Start" untuk memulai proses capture. Gunakan tab di jendela utama untuk melihat dashboard, ringkasan statistik lalu lintas, TCP / UDP percakapan, serta analisis paket.

 6. Fiddler

Fiddler adalah alat debugging web yang menangkap lalu lintas HTTP antara komputer yang dipilih dan Internet. Hal ini memungkinkan Anda untuk menganalisis data yang masuk dan keluar untuk memonitor dan memodifikasi permintaan dan tanggapan sebelum mereka memukul browser. Fiddler memberikan informasi yang sangat rinci tentang lalu lintas HTTP dan dapat digunakan untuk menguji kinerja website Anda atau pengujian keamanan aplikasi web Anda (misalnya Fiddler dapat mendekripsi lalu lintas HTTPS).

Ketika Anda memulai Fiddler, lalu lintas HTTP akan mulai ditangkap secara otomatis. Untuk beralih lalu lintas menangkap, memukul F12. Anda dapat memilih proses Anda ingin menangkap lalu lintas HTTP untuk dengan mengklik "Semua Proses" di status bar bawah, atau dengan menyeret "Setiap Proses" ikon dari menu bar ke aplikasi yang terbuka.

7. NetworkMiner

NetworkMiner


NetworkMiner menangkap paket jaringan dan kemudian mem-parsing data untuk mengekstrak file dan gambar, membantu Anda untuk merekonstruksi peristiwa yang pengguna telah diambil pada jaringan - juga dapat melakukan ini dengan parsing file PCAP pra-ditangkap. Anda dapat memasukkan kata kunci yang akan disorot sebagai paket jaringan yang ditangkap. NetworkMiner digolongkan sebagai Analisis Forensik Jaringan Tool (NFAT) yang dapat memperoleh informasi seperti nama host, sistem operasi, dan port yang terbuka dari host.

Dalam contoh di atas, saya menetapkan NetworkMiner untuk menangkap paket, membuka browser web dan mencari "sepak bola" sebagai kata kunci di Google Images. Gambar yang ditampilkan di tab Gambar adalah apa yang saya lihat selama sesi browser.

Ketika Anda memuat NetworkMiner, pilih adapter jaringan untuk mengikat dan tekan tombol "Start" untuk memulai proses capture paket.


pandorafms
8. Pandora FMS

Pandora FMS adalah pemantauan kinerja, pemantauan jaringan dan ketersediaan alat manajemen yang mengawasi server, aplikasi dan komunikasi. Ini memiliki sistem korelasi peristiwa canggih yang memungkinkan Anda untuk membuat peringatan berdasarkan peristiwa dari sumber yang berbeda dan memberitahu administrator sebelum masalah meningkat.

Ketika Anda login ke Pandora FMS Web UI, mulai dengan pergi ke 'Agen rinci' dan 'Layanan' simpul dari tangan kiri panel navigasi. Dari sini, Anda dapat mengkonfigurasi agen monitoring dan jasa.

9. Zenoss Core

Zenoss Core merupakan open source yang kuat pemantauan IT platform yang memonitor aplikasi, server, storage, jaringan dan virtualisasi untuk menyediakan ketersediaan dan kinerja statistik. Ini juga memiliki kinerja tinggi sistem penanganan event dan sistem pemberitahuan lanjutan.




ZenossCore


Setelah Anda login ke Zenoss Inti Web UI untuk pertama kalinya, Anda akan disajikan dengan wizard dua langkah yang meminta Anda untuk membuat account pengguna dan menambahkan perangkat beberapa Anda / host pertama untuk memantau. Anda kemudian langsung dibawa ke tab Dashboard. Gunakan Dashboard, Events, Infrastruktur, Laporan dan tab Advanced untuk mengkonfigurasi Zenoss Core dan tinjauan laporan dan peristiwa yang membutuhkan perhatian.

10. PRTG Network Monitor Freeware

PRTG Network Monitor memonitor ketersediaan jaringan dan penggunaan jaringan menggunakan berbagai protokol termasuk SNMP, Netflow dan WMI. Ini adalah alat yang ampuh yang menawarkan antarmuka yang mudah digunakan berbasis web dan aplikasi untuk iOS dan Android. Antara lain, fitur kunci PRTG Network Monitor meliputi:

(1) Komprehensif Jaringan Monitoring yang menawarkan lebih dari 170 jenis sensor untuk memantau aplikasi, monitoring server virtual, monitoring SLA, monitoring QoS

(2) Fleksibel Alerting, termasuk 9 metode yang berbeda pemberitahuan, peringatan status, tanda batas, tanda batas, peringatan bersyarat, dan penjadwalan peringatan

(3) In-Depth Reporting, termasuk kemampuan untuk membuat laporan dalam format HTML / PDF, laporan terjadwal, serta telah ditetapkan laporan (misalnya Top 100 Ping kali) dan melaporkan template.

Catatan: Versi Freeware dari PRTG Network Monitor terbatas pada 10 sensor.

PRTGNetworkMonitor

Ketika Anda memulai PRTG Network Monitor, kepala langsung ke wizard konfigurasi untuk memulai. Wizard ini akan berjalan Anda melalui pengaturan konfigurasi utama yang diperlukan untuk mendapatkan aplikasi dan berjalan, termasuk penambahan server untuk monitor dan sensor yang digunakan

11. Whois on My Wifi

Whois on My Wifi adalah free tools yang sangat ringan dan sangat mudah untuk kita gunakan. Dengan Whois on My Wifi ini maka wifi kita akan selalu termonitor 24 jam penuh.

whoisonmywifi


Whois on My Wifi adalah software untuk meonitor penggunaan wifi yang dapat anda download secara gratis disitus resminya.


Video Who is on my wifi

4 komentar:

  1. caranya gimana bos. aku ngk paham. ( Microsoft Network Monitor )

    BalasHapus
  2. Thanks for your great share. Colasoft Capsa offers various improvements that make it pleasant to work with. Every person that has very elementary knowledge for network in general, can give an opinion, form a formulary, or give a report using Colasoft towards network and its performance.

    BalasHapus
  3. Except Capsa Free, I like some other free tools by Colasoft - http://www.colasoft.com/products/freeware.php

    BalasHapus