Rabu, 18 Maret 2015

Google Update
Ketika anda terbangun di pagi hari lalu mengerjakan aktifitas rutin seperti biasa yakni memeriksa posisi website anda di Google tapi tiba-tiba anda sontak terkejut di pagi hari yang cerah itu karena website anda sudah tidak ada lagi di posisi seperti semalam yang anda lihat sebelum tidur.

Atau anda resah karena didalam beberapa hari terakhir tidak ada seorang pun yang menghubungi anda melalui telpon/BBM/SMS ataupun email yang bermaksud membeli produk yang anda jual di website lalu dengan deg-degan anda buka browser untuk memeriksa website. Lalu betapa mata anda terbelalak tatkala mengetahui website anda sudah tidak ada di tempatnya semula.


Kedua paragraph diatas itu adalah ilustrasi saja yang barangkali mungkin tengah anda alami saat ini. Lalu anda datang ke blog ini karena ingin tahu apa penyebab website saya bisa turun peringkat!. Ok! saya akan mencoba untuk menjawabnya dengan pengetahuan yang saya miliki.

Apa Yang Terjadi Dengan Website? Apa Yang Salah?


That is the BIG QUESTION! and The Best Question! jawabannya adalah kemungkinan besar seperti dibawah ini:

Bagaimana Performa Website

Jangan terlalu cepat beranggapan website terkena banned Google tapi periksa dulu bagaimana performa website anda. Periksa apakah terjadi masalah pada web hosting yang bisa menyebabkan website mengalami down di beberapa hari terakhir.

Bila website yang lambat saja buruk dimata Google bagaimana dengan Website yang sering down? Down biarpun sebentar tapi sering tentu bisa mempengaruhi posisi website. Bila waktu down cuma 1 jam tapi bila dalam hari terjadi 5 - 10 kali down berapa total down dalam seminggu? Bukan masalah down saja tapi juga masalah firewall web hosting yang terlalu tinggi hingga menyebabkan IP Google Bot terblock bisa menjadi pencetus dan penyebab website turun peringkat.

Periksa juga url website anda yang sudah terindex, apakah terjadi duplicate url, duplicate meta bahkan duplicate content. Karenanya anda harus bijaksana dalam menulis content jangan serakah ingin berada di posisi teratas dengan keyword yang banyak dengan membuat artikel-artikel yang memilki isi yang relatif sama.

Update Algorithm

Langkah kedua adalah dengan mencari informasi apakah telah terjadi update algorithm atau tidak. Bila terjadi update dan efeknya mendera website anda tentu saja ada sesuatu hal yang salah terhadap website anda tersebut.

Kesalahan umumnya terbagi dua yakni kesalahan pada on page optimization dan off optimization. Bila hal ini yang terjadi segeralah meminta bantua orang yang mengerti SEO untuk memperbaikinya agar website anda bisa kembali normal berada di peringkat teratas.

0 komentar:

Poskan Komentar